Rabu, 30 April 2014

Contoh Esai Motivasi untuk MM FE UI


Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut contoh esai motivasi yang saya buat untuk melengkapi persyaratan S2 di Magister Manajemen FE UI pada tes tahap 2 yaitu wawancara setelah lulus dari tes tertulis SIMAK UI. Esai motivasi ini saya buat sehari sebelum tes wawancara. Oleh sebab itu, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan yang ada. Semoga bermanfaat.

ESAI MOTIVASI
Nama          : Dhida Praja Sukmawan
No. Ujian    : 1063701537

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Alloh akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Alloh akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Alloh Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Mujadillah : 11)
Ayat Al Quran di atas merupakan salah satu motivasi terbesar saya untuk dapat terus belajar dan menuntut ilmu dimana pun saya berada. Dengan latar belakang pendidikan akademik S1 saya dari Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (Departemen Agribisnis FEM IPB) dimana terdapat tiga pilar yang menjadi fokus pembelajarannya, yaitu kewirausahaan, manajerial, dan kebijakan strategik merupakan salah satu alasan saya memilih untuk dapat melanjutkan pendidikan akademik S2 saya di Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (MM FE UI) karena kedua disiplin ilmu yang diajarkan pada pendidikan akademik S1 dan S2 saya akan semakin menguatkan pemahaman saya mengenai bidang manajerial bisnis kewirausahaan yang didukung kemampuan manajeman keuangan yang sangat baik.
Di samping itu, berdasarkan pengalaman pekerjaan saya sebagai Sales Office Head di PT Astra International, Tbk – Honda dimana saya memiliki tugas dan kewajiban untuk melakukan kegiatan pengelolaan cabang dibidang penjualan, administrasi, service serta mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam usaha pencapaian target dan meningkatkan produktivitas/performance cabang serta kepuasan pelanggan merupakan alasan saya selanjutnya memilih konsentrasi Manajemen Keuangan di MM FE UI agar saya dapat memadukan tujuan dasar dari suatu bisnis dimana terfokus pada profit oriented yang didukung dengan pemahaman dari aspek keuangan sehingga akan menghasilkan keuntungan yang lebih optimal dan efisien.
Motivasi lain saya memilih melanjutkan study S2 saya di MM FE UI adalah karena dapat berkuliah di Universitas Indonesia merupakan salah satu impian dan cita-cita saya sejak dahulu. Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang dimiliki oleh negara Indonesia, dimana sudah banyak lulusan dengan kompetensi terbaik yang dihasilkan oleh Universitas Indonesia menempati posisi dan peranan penting di balik kemajuan negara Indonesia. Hal tersebut juga didukung dengan dosen-dosen profesional dengan kapabilitas terbaik yang dimiliki oleh Universitas Indonesia sehingga semakin mengokohkan Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.
Dengan background pendidikan saya dari IPB dan UI sebagai dua perguruan tinggi terbaik di Indonesia maka saya berharap ke depan ilmu yang saya miliki dapat bermanfaat bagi saya pribadi, pada khususnya, agar saya memiliki nilai tambah (added value) untuk dapat berkompetisi di dunia kerja dan meningkatkan kemampuan diri saya pribadi, serta  yang terpenting saya berharap ilmu yang saya miliki dapat bermanfaat bagi masyarakat, pada umumnya, guna memajukan perekonomian negara Indonesia di era globalisasi tanpa batas ini sebagai sebuah peluang maupun tantangan di bidang pekerjaan yang saya geluti. 

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

1 komentar:

Insert your comment,please!